NONTON DRAMA KOREA ON GOING & ENDING YANG TAK SESUAI HARAPAN

Februari 06, 2023


Lama banget tidak nulis tema drama korea. Di tahun 2023 ini saya berniat untuk membangkitkan kembali kebiasaan lama saya untuk menulis hal-hal yang saya sukai di blog ini. Dan artikel ini menjadi penanda bangkitnya semangat saya dalam menulis hal yang berhubungan dengan drama korea.

Buat yang sudah lama kenal saya mungkin sudah tahu, selain suka film india, saya juga suka drama korea dan telenovela. Blog ini menjadi wadah saya untuk menuangkan hal-hal yang saya sukai ini.

Baca Juga: Saya pecinta drama korea, film india dan telenovela

Lalu topik apakah yang akan saya tuliskan kali ini? Sesuai judul, yang akan saya tuliskan adalah drama korea on going yang pernah saya tonton yang endingnya tak sesuai harapan.

Kalo ditanya, saya lebih suka nonton drama secara on going ataukah menontonnya secara marathon? Jawaban saya adalah saya suka nonton secara maraton. Alasannya karena saya tidak perlu menunggu setiap minggu untuk menyaksikan dramanya, saya bisa menuntaskannya dalam waktu tiga atau empat hari. Namun tentu saja drama yang saya tonton secara maraton ini adalah drama yang masa penayangannya sudah tamat di korea. Itu artinya masa booming dramanya sudah lewat alias dramanya sudah tidak dibicarakan lagi.

Saya biasanya cari aman, nonton drama on going yang tersisa 2 episode terakhir, jadi euforia dramanya masih dapat (karena masih hot diomongin banyak orang), namun juga tidak tersiksa harus nungguin dramanya tiap minggu. Pas dramanya tamat, sehari setelahnya saya juga sudah selesai menontonnya. Salah satu drama yang saya tonton dengan metode ini adalah Under the Queen's Umbrella.

Tapi ada kalanya saya tak bisa menahan godaan untuk nonton drama secara on going. Ini biasanya terjadi karena saya suka sama alur cerita saat baca sinopsis dramanya, tertarik dengan cuplikan-cuplikan videonya yang tersebar di Instagram atau Tiktok, penasaran karena banyak yang ngomongin dramanya, atau bisa juga karena suka dengan pemainnya.

Tapi ada yang aneh nih setiap saya menonton drama secara on going, hal ini membuat saya agak takut untuk nonton drama korea secara on going. Entah mengapa, saya merasa seperti dikutuk, sebagian besar drama korea yang saya tonton secara on going, endingnya selalu tak sesuai harapan saya atau mengecewakan.

Tak banyak drama korea yang saya tonton secara on going, dan 80% dari jumlah yang tak banyak itu endingnya menyesakkan dada. Penasaran drama-drama mana saja yang membuat saya kecewa? Berikut daftarnya: 

1. Empress Ki (2013 - 2014)

Saya baru ingat, ternyata drama saeguk ini dulunya saya tonton secara on going. Drama 51 episode ini tidak happy ending. Sebenarnya saya sudah kecewa sejak episode pertengahan karena harapan saya, Ki Seung Nyang (Ha Ji Won) akan bersatu dengan Wang Yoo (Joo Jin Mo). Keduanya saling mencintai dan memiliki seorang putra, namun karena keadaan, mereka berpisah. Seung Nyang akhirnya menikah dengan Ta Hwan, pangeran Yuan, yang tergila-gila kepadanya. Di akhir episode, Ta Hwan meninggal dan Seung Nyang naik tahta menjadi ratu.


Apakah meninggalnya Ta Hwan yang membuat saya kecewa pada ending drama ini? Ohoho tentu saja bukan, Esmeralda. Yang membuat saya sedih dan kecewa adalah karena Seung Nyang tidak jadi bersatu dengan Wang Yoo. Padahal harusnya setelah ditinggal pangeran, Seung Nyang bisa kembali menikah dengan Wang Yoo, hahaha parah nih sampe mau ngatur-ngatur sutradara. Maksa banget deh, Ra! 

Baca Juga: 5 drama saeguk yang berhasil saya tonton sampai habis 

2. Misty (2018)

Saya lupa apa yang membuat saya tertarik untuk menonton drama ini secara on going, tapi kayaknya karena cuplikannya sering muncul di feed instagram saya deh. Saya akhirnya coba-coba untuk nonton satu episode dan ternyata ceritanya menarik.


Saya selalu menantikan drama ini setiap minggu, namun menjelang episode-episode akhir saya mulai dibuat was-was, dan akhirnya kekhawatiran saya terbukti. Endingnya tidaklah seperti yang saya harapkan, huhuhu

3. Mr. Sunshine (2018)

Saya kehabisan kata untuk menggambarkan drama ini. Saking sukanya saya pada drama ini, sampai saya bela-belain buat reviewnya, padahal selama ini tidak pernah sekalipun saya buat artikel tentang review drama korea. Mr. Sunshine masih menjadi satu-satunya drama yang saya buat reviewnya di blog ini.


Ending dramanya yang nyesek membuat drama ini sangat memorable. Sampai saat ini, ia masih menjadi drama terbaik yang pernah saya tonton.

Baca Juga: Review drama korea Mr. Sunshine

4. Born Again (2020)

Yang membuat saya tertarik nonton drama ini secara on going adalah karena pemerannya Lee Soo Hyuk. Fyi, Oppa yang satu ini adalah salah satu aktor yang saya suka, jadilah ketika tahu ada drama terbarunya, saya tidak mau ketinggalan untuk menontonnya.




Walau banyak yang bilang drama ini jelek (ini ditandai dengan ratingnya yang terus menurun hingga menyentuh angka 1%) dan bikin puyeng penonton, tapi saya bela-belain nonton sampai habis dong, dan yang saya dapatkan adalah kekecewaan karena kapal (couple favorit) saya tidak berlayar alias karam di tengah jalan.

5. Eve (2022)

Drama kelima yang endingnya tak sesuai harapan saya adalah Eve. Drama yang tergolong sebagai drama makjang ini sukses membuat saya penasaran setiap minggunya, namun yang terjadi di ending sungguh membuat saya terkejut. Saya tidak menyangka endingnya akan seperti itu.


Banyak yang menilai drama ini sebagai drama terburuk tahun 2022 lalu tapi bagi saya, drama ini bagus dan sangat layak ditonton.

**

Itulah 5 drama yang endingnya sukses bikin saya kecewa, namun walau begitu saya berusaha untuk menerimanya. Ending yang tak sesuai harapan tidak membuat saya kapok untuk menonton drama secara on going, walau tentu saja saya tetap pilih-pilih drama apa saja yang mau saya tonton.

Saat ini, ada satu drama yang sedang saya tonton secara on going, judulnya The Interest of Love dan naga-naganya, drama ini akan menambah daftar drama yang endingnya tak sesuai harapan. 

Harapan saya tentu saja lead male dan lead female-nya bersatu dan hidup bahagia, tapi mengingat kisah mereka yang ruwet bagai mencari jarum dalam tumpukan jerami, sepertinya saya harus pasrah bila endingnya akan menggantung atau pemeran utamanya tidak bersatu dan malah memilih menikah dengan orang lain. Sepertinya mulai sekarang saya harus menguatkan mental menghadapi kisah mereka di 2 episode terakhir pada malam kamis dan malam jumat nanti.

Apakah kalian juga pernah merasakan kecewa pada ending drama yang kalian tonton secara on going? Dan apakah rasa kecewa itu membuat kalian kapok untuk menonton drama secara on going lagi?



note: pic source: asianwiki (poster drama)

You Might Also Like

16 Komentar

  1. Happy ending masih menjadi harapan sebagian besar penonton, ya. Aku enggak pernah kecewa dengan ending apa pun selama itu disampaikan dengan baik dan logis. Toh, kupikir film dibuat serealistis mungkin yang bisa berakhir dengan sedih maupun bahagia.

    BalasHapus
  2. Klo aku, Start Up tuh mbaaa
    Karena aku tim Han Ji Pyeong wkwkwkqkwk
    Btw, 2521 jg endingnya wadidaw bgt.
    Tapi ya sutralaahh terserah sutradara dan penulis skenario mya aja 😆

    BalasHapus
  3. Akoh tak pernah lagi nonton drakor on going, biasanya akoh tunggu dulu kalau udah selesai, baru deh kutonton, itupun belasan episode juga, selesai dalam waktu 1-2 jam karena banyakan di skip wakakakak.

    BalasHapus
  4. Drama yang akhirnya tidak sesuai ekspektasi pasti nyesek . Antara penasaran dengan nonton tiap Minggu dengan harapan ya harus berakhir happy ternyata gantung ceritanya.uh penonton kecewa.

    BalasHapus
  5. waaaa.....hampir nonton semua nih, kecuali born again karena sebelum memutuskan nonton biasanya saya lihat dulu ratingnya.
    Yang paling saya suka Empress Ki, jadi pingin rewatch lagi

    BalasHapus
  6. Saya juga lebih suka nonton drama yang sudah selesai dan ditonton maraton. Gak penasaran nunggu. Apalagi kalau dramanya banyak direferensikan oleh banyak teman-teman. Langsung deh semangat nontonnya.

    BalasHapus
  7. Prediksi kita bisa saja berbeda dengan yang lain ya. Menurut kita bisa saja ending kisahnya gak cocok. Tapi bagi yg lain mungkin itu terbaik. Seperti drama yang orang bilang drama terburuk di tahun 2022 tapi menurut Mbak Ira malah justru terbaik, seperti itu bukan?

    BalasHapus
  8. Aku tim nonton drakor yang udah rampung semua episod dan milih yang tayangnya sebentar dan episodnya sedikit, hehee.
    Masalah ending ga sesuai harapan ya resiko penonton, ya ga sih? hehee

    BalasHapus
  9. Daku ndak mau nonton yang on going hahaha. Sebisa mungkin yang udah kelar atau minimal sepertiga episode lagi mau habis. Gak sabaran daku. Soalnya ya gitu takut gak sesuai harapan endingnya

    BalasHapus
  10. Hahaha sama kitaaa, nonton drama on going terus ending ge sesuai harapan..kecewaaa. Akhirnya pilih nonton maraton aja, biasa akhir pekan kalau ga kemana-mana, nontonnya

    BalasHapus
  11. Yang pernah kutonton kyknya Misty dan Eve, keduanya drama makjang wkwk. Yaaa yang kyk gtu biasanya kadang ending suka gimana gitu. Tapi yawda dinikmatin aja. Kalau skrng lbh suka nonton drakor yang agak santai2 aja sih baik ongoing maupun maraton :D

    BalasHapus
  12. Ya ampun, ga nyangka born again ratingnya jeblok banget, sampe hampir 1% aja.

    Kalo aku biasanya nonton drakor yang rame aja. Kalo ga rame, ga akan aku tonton, mba. Jadi meski ending jelek, tapi aku puas sama alur dan pemainnya.

    BalasHapus
  13. Oh tumben Moon Lovers gak masuk ending yang gak diharapan ya..
    Hehehe..atau Reply 88?
    Tapi memang ending nih semacam suka-suka writer-nim aja deh.. Kita mah penonton tugasnya cari-cari teori yang paling masuk akal di setiap eps-nya yang berdarah-darah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kedua drama itu tidak saya tonton secara on going, Mba, hehehe

      Hapus
  14. Nonton on going itu paling kesal pas nungguin next episode, terus tambah kesel kalo endingnya nggak sesuai harapan

    BalasHapus
  15. Saya memang bukan tipe maniak drakor. Cuma beberapa kali saja nonton dalam sebulan, tidak rutin. Dan tipe marathon ini saya sukai.

    Teman2 kantor emang banyak yang suka nonton drakor untuk selingan stress katanya. Saya beberapa kali di rekomendasikan oleh teman. Kayak yang "EVE" ini juga pernah ditonton atas rekomendasi teman.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`