11/01/2016

HIDAYAH SULISTYOWATI; BLOGGER SENIOR YANG RAMAH & RENDAH HATI


Tak terasa yah sekarang kita sudah berada di bulan november aja nih. Hmm bulan november ini adalah bulan istimewa bagi Wahyu anak saya loh karena pada tanggal 24 november nanti dia akan berulang tahun yang ke lima. Duh, tak terasa bayi mungil yang saya timang-timang itu ternyata akan berusia lima tahun. Sehat terus yah sayang :*

Tetapi artikel ini bukan membahas tentang pertambahan usia anak saya yah, hehe. Tulisan saya kali ini akan membahas profil salah satu teman blogger lagi. Rasanya sudah lama banget deh saya tidak menuliskan profil teman blogger, seingat saya terakhir kali menulis profil blogger adalah bulan agustus silam. Tuh, benaran sudah lama ternyata.

Baca Juga: Akarui Cha; Gadis Manis Bermata Hijau Pemilik Blog www.tamanrahasiacha.com

Lalu siapakah teman blogger beruntung yang akan saya tuliskan profilnya? Sesuai judul, Mba Hidayah Sulistyowati adalah orangnya. Sudah pada kenal dengan Mba Wati (sapaan akrab saya pada Mba Hidayah Sulistyowati) kan? Saya yakin, kamu pasti sudah mengenalnya.

Mengapa saya sangat yakin bahwa teman-teman sudah mengenalnya? Saya tentu punya alasan yang kuat terkait keyakinan itu. Menurut saya Mba Wati adalah orang yang sangat ramah terhadap teman-teman blogger lainnya entah yang baru menekuni dunia blogging seperti saya atau teman-teman yang sudah lama menggeluti dunia ini.

Di mata saya, Mba Wati adalah orang yang supel dan mengayomi. Sejak pertama kali berkunjung ke blognya saya sudah merasakan aura itu. Dan ternyata yang saya rasakan tidak salah. Setelah kami sama-sama bergabung di kelompok 3 arisan link dan intens berkomunikasi melalui chat grup WA sifat itu semakin nyata terlihat.


dari wajahnya sudah terlitah keramahannya yah :)

Pertama kali mengenal Mba Wati adalah tahun lalu. Saya lupa kapan tepatnya, yang saya ingat saat itu saya belum lama membuat blog ini. Sebagai anak baru tentu saya ingin dong mengenal para blogger senior agar bisa belajar banyak hal dari mereka. Maka saya pun rajin melakukan blogwalking pada blog-blog yang saya anggap keren. Satu di antara banyak blog yang saya kunjungi adalah blog www.hidayah-art.com milik Mba Wati.

Mba Wati menjadi salah satu blogger senior yang cukup melekat dalam ingatan saya karena ada satu tulisannya yang menurut saya bagus banget. Tulisan tersebut berjudul "4 Alasan Jangan Meminta Oleh-Oleh Pada Teman". Membaca tulisan itu sungguh seperti membaca isi hati saya sendiri, hihihi.

Baiklah kita tinggalkan cerita tentang kesan pertama yang saya rasakan pada Mba Wati dan juga tulisannya yang "gue banget" itu. Kini saatnya kita berpindah pada hal yang berhubungan dengan blog Mba Wati yang tentu tak kalah penting untuk saya bagikan lewat tulisan ini.

Jadi beberapa waktu yang lalu saya melakukan wawancara singkat dengan Mba Wati. Ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan mulai dari sejarah ngeblog hingga hal-hal yang bersifat pribadi. Tentu kalian penasaran dong dengan isi wawancara saya? Hihihi, baiklah akan saya beritahu.

Kita awali dengan hal yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog Mba Wati yah.. Menurut Mba Wati, pertama kalinya ia membuat blog adalah kurang lebih lima tahun silam tepatnya pada akhir tahun 2011 namun saat itu ia belum terlalu serius menggarapnya. Mba Wati baru serius ngeblognya pada awal tahun 2015 setelah mendapat pencerahan dari Mak Indah Julianti Sibarani pada bulan november 2014. Bersamaan dengan itu Mba Wati dan suami juga baru pulang menunaikan ibadah haji jadi ia terpacu untuk menuliskan kisah perjalanan ibadah haji meraka. Tujuannya adalah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada orang-orang yang mungkin membutuhkan informasi terkait haji.

Alasan utama Mba Wati membuat blog adalah untuk mengarsipkan semua ide yang ada di kepala juga karena ingin berbagi cerita kepada banyak orang. Karena itulah Mba Wati memilih "my mind untaian kata untuk berbagi" sebagai tagline blognya.

header blog Mba Wati

Blog dengan niche lifestyle ini dijuluki si empunya dengan julukan blog komplit sekomplit nasi rames. Mengapa demikian? Karena semua yang dialami oleh si empunya blog akan dituangkan ke dalam tulisan yang ada di blognya mulai dari kesehatan, keuangan (karena ini adalah basic pendidikan dan pekerjaan Mba Wati), parenting, anak remaja, profil sampai pada jalan-jalan dan kuliner. Hmmm, saat saya membuka blog Mba Wati memang terlihat komplit sih.

Ketika menjelajahi blog yang didominasi warna putih dan tosca itu, saya akhirnya tahu bahwa Mba Wati merupakan salah satu blogger yang telah mendapatkan banyak penghargaan di dunia perbloggingan ini. Sama seperti saya yang doyan banget ikutan lomba, Mba Wati juga suka ikut lomba. Prestasi yang Mba Wati dapatkan selama mengikuti lomba-lomba ia tuliskan pada laman "Achievement" di blognya.

Namun ternyata ada satu hal yang sampe saat ini belum dicapai oleh Mba Wati loh. Apakah gerangan? Adalah ia ingin menerbitkan sebuah buku. Bahkan keinginannya untuk menerbitkan buku ini sudah sejak lama diimpikannya. Saya doakan semoga impian Mba Wati yang satu ini segera terwujud yah, amin..

Demikianlah sekilas tentang hal-hal yang melatarbelakangi Mba Wati terjun ke dunia perbloggingan dan juga hal-hal yang terkait dengan blog Mba Wati. Sekarang saatnya saya berpindah pada topik lainnya yakni hal-hal yang berkaitan dengan pribadi Mba Wati. Penasaran dengan pertanyaan yang saya ajukan? Yuk baca tulisan ini sampe selesai, hihihi..

Pertanyaan pertama yang terlontar dari saya adalah "Bagaimana sih kepribadian Mba Wati itu?"

Menurut Mba Wati, ia adalah orang yang pendiam namun sejak menikah dengan suami yang suka bercanda akhirnya Mba Wati jadi ikutan "rame". Memang yah Mba, semakin lama kita hidup bersama dengan pasangan, maka tanpa kita sadari kadang-kadang sifat dari pasangan kita sedikit banyak akan mempengaruhi sifat kita. Jangankan Mba Wati dan suami yang sudah menikah puluhan tahun, saya dan suami yang baru beberapa tahun nikah saja sudah saling mempengaruhi kok, hihihi. Namun ternyata sifat pendiam Mba wati tidak 100% hilang sebab ia masih tetap pendiam bila bertemu orang baru.


Mba Wati & Suami

Pertanyaan saya berlanjut pada hobby Mba Wati. Ibu dari dua orang putra ini mengaku memiliki hobby membaca (buku apapun baik fiksi maupun nonfiksi), marawat tanaman dan tidur namun lagi-lagi setelah menikah hobby tidur Mba Wati ini berkurang.

Itulah sekilas tentang hal-hal yang bersifat pribadi dari Mba Wati (Iya, pertanyaan saya memang hanya 2!). Jujur saja, sebenarnya saya masih pengen banget menuliskan banyak hal terkait Mba Wati dan juga blog-nya namun apa daya tulisan ini sudah lumayan panjang (sudah mau hampir 1000 kata euy!). Saya takut kamu malah bosan membacanya. Bila masih ada hal yang membuat kamu penasaran, bolehlah bertanya langsung pada orangnya. Jangan khawatir, seperti yang saya tuliskan di judul artikel ini, Mba Wati itu orangnya ramah, rendah hati dan humble banget sama orang lain. 

Sebelum mengakhiri obrolan wawancara kami, tak lupa saya meminta tips ngeblog sederhana dari Mba Wati buat blogger pemula seperti saya. Dan inilah tips ngeblog sederhana ala Mba Wati:
  • Rajin baca blogpost teman agar menjadi moodboster ngeblog
  • Banyak nulis dan update artikel minimal seminggu dua kali. Ini dimaksudkan agar si blogger baru juga bisa rajin BW, semakin sering menulis dan update blog semakin sering juga BW.
  • Tetap semangat belajar tentang blogging, upgrade ilmu via online dan offline
  • Jalin pertemanan melalui komunitas blogger. Sekarang semakin banyak grup blogger jadi jangan patah semangat bila belum diterima di satu komunitas, gabung saja di satu komunitas yang membuat kita nyaman.
Itulah 4 tips ngeblog sederhana dari Mba Wati untuk blogger pemula yang ingin serius menekuni dunia perbloggingan ini.

So, buat kamu yang mungkin belum kenal Mba Wati boleh banget kok berkenalan dengannya via sosmed miliknya di bawah ini:

Blog: www.hidayah-art.com
Facebook: Hidayah Sulistyowati
Twitter: @Hidayah_Art
Instagram:@hidayah-art


Tulisan saya tentang teman blogger lainnya bisa dibaca di sini


*note: sumber tulisan:
- penilaian pribadi terhadap Mba Hidayah Sulistyowati
- wawancara via PM Facebook dengan Mba Hidayah Sulistyowati
- semua foto yang ada di artikel ini adalah milik Mba Hidayah Sulistyowati yang saya ambil dari medsos miliknya

21 comments:

  1. Suka bacanya Mbak Ira. Memang Mbak Wati bw nya kenceng, dan inspiratif sekali :)

    ReplyDelete
  2. Aduhhhh, aku bacanya sambil ngikik sendiri, untung aja di rumah, hahahaa. Makasih mba Ira, tulisannya bikin saya tersipu malu. Saya senior dalam usia deh, tapi untuk pengalaman mah sakuprit :)

    ReplyDelete
  3. Aku pernah mampir ke blog beliau mba ^^ mba wati anaknya udsh besar2 yaa mba..

    ReplyDelete
  4. Aku sering nih blogwalking ke blognya mbak Wati, pengin bisa kopdar dengan beliau :)

    ReplyDelete
  5. Umur bukan jd penghalang untuk berkarya ya mak. Keren emang mbak wati

    ReplyDelete
  6. melihat fotonya saja aku bisa nebak, Mbak Wati super ramah, tulisannya juga terbaca seprti itu. Salam ya buat Mbak Wati

    ReplyDelete
  7. tahi lalatnya yang aku kenal,hihihi

    ReplyDelete
  8. Kalau saya mah kayaknya belum kenal deh mbak, mungkin boleh lah kenalan dulu biar muantappp.

    ReplyDelete
  9. Iyaa mbak wati emang ramaahhh banget... keibuan lagi :)

    ReplyDelete
  10. Setuju banget ama tulisan ini. Mba Wati calon besanku ini mbaaa *lalu dikemplang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemplang pakai apa mbaaak, ahahahah

      Kenapa dari sekian koment, cuma ini yang aku balas ya, wkwkwk

      Delete
  11. Kebayakan 2015 jadi tahun titik balik para blogger untuk serius ya mbak, aku ngeblog dari 2007 tapi bener2 serius ya tahun 2015. Kalo dulu blog buat curhat yang gak penting dan alay banget hahahahha makanya beberapa postingan ada yang aku hapus. Sekarang pengen ngeblog dengan content yang bermanfaat untuk orang banyak :D

    ReplyDelete
  12. Waaaaaak :D hihihi Mbak Wati mah senior banget :D duh, aku belum pernah mampir blognya kayaknya. Cus kesana nih ah

    ReplyDelete
  13. Bbrpkali aku mampir ke blog mb wati... Ramah kok. Begitu maen..biasanya langsung berkunjung balik..

    ReplyDelete
  14. baca yang nasi rames, jadi keinget kenapa ya disetiap warung atau resto gitu nasi rames isinya beda beda -__-

    ReplyDelete
  15. Benar sekali mbak Ira, Mbak Wati blogger senior yang ramah dan baik. Saya baru bertemu 2 kali secara langsung saat acara kopdar. BW nya juga bagus, nggak sombong. Saya kagum dengan semangat ngeblog beliau yang hebat, harus banyak belajar dari beliau nih :)

    Mbak Ira juga ngeblognya hebat.. :)

    ReplyDelete
  16. Upsss aku jadi inget banyak hutang review arisan link XD

    ReplyDelete
  17. Mereka-mereka yang senior ini yang jadi motivator kita ngeblog ^^

    ReplyDelete
  18. Wah, pengalaman mbak wati ini cukup menginspirasi saya sebagai orang baru di dunia blogging, baru ngeblog di tahun 2010. :) btw terimakasih sudah berbagi pengalaman wawancaranya mbak ira mbak wati = irawati ~ blogger hebat

    ReplyDelete
  19. asiik.. dapet tips ngeblog dari blogger senior nih,,, hhee

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.