2/05/2017

8 DRAMA KOREA TERFAVORIT YANG SAYA TONTON SEPANJANG TAHUN 2016



"Judul tulisannya tidak salah Mba? Ini udah awal Februari 2017 loh, masa masih mau bahas hal-hal yang terjadi di tahun 2016? Move on woy, Move on!"

Mungkin itulah yang terlintas di benak kamu ketika membaca judul tulisan ini. Yup, tak ada yang salah kok. Hmm, gimana yaa?? Sebenarnya tulisan ini sudah ada di draft sejak akhir desember lalu, tapi entah mengapa penyakit malas tiba-tiba menyerang hingga akhirnya saya baru bisa menyelesaikannya hari ini. Huft! Penyakit malas memang susah untuk dihilangkan euy! Bila ia sudah menyerang, hanya tekad kuatlah yang bisa menghalaunya. Ayo singsingkan lengan baju untuk melawan penyakit malas!! *ngomong sama diri sendiri*

Baiklah, tak usah berlama-lama, segera saja kita masuk pada inti tulisan, hehehe. Ada banyak drama yang saya tonton (walau tidak sebanyak teman-teman yang lain) sepanjang tahun 2016 kemarin. Ada yang "melekat" banget di hati sampe berhasil bikin saya baper dan susah move on selama berhari-hari lamanya, ada yang biasa-biasa saja, namun ada juga yang di pertengahan cerita membuat saya tiba-tiba malas untuk lanjut menontonnya hingga akhirnya saya berhenti alias mandeg di tengah jalan. Beberapa judul drama yang tidak saya selesaikan pernah saya tulis di sini.

Setidaknya ada 8 judul drama yang paling saya sukai dan menjadi favorit sepanjang tahun 2016 kemarin. Penasarankah kamu dengan ke-8 drama tersebut?

*DISCLAIMER: Drama yang akan saya tuliskan ini adalah drama yang saya tonton sepanjang tahun 2016, jadi bukan drama yang tayang pada tahun 2016 yaa. Drama yang saya tonton di tahun 2016 bisa jadi adalah drama yang tayang di korea sebelum tahun 2016, namun karena saya baru menontonnya di tahun 2016 (dan kebetulan saya suka) maka ia akan tetap masuk dalam daftar drama favorit 2016”.


Dan inilah dia kedelapan dramanya yang saya urutkan berdasarkan judul drama yang paling saya sukai: 


The Greatest Love

Fyi, drama ini tayang di korea pada tahun 2011 dan saya baru menontonnya di tahun 2016 kemarin, ckckckck kemana ajaa Mba? hihihi. Bagi orang lain mungkin drama ini udah basi banget untuk ditonton, tapi tidak bagi saya. Drama ini akan selalu menjadi drama yang menghangatkan hati tatkala menontonnya. Tsah!

Sebenarnya saya agak kesulitan untuk menentukan judul drama yang akan menempati posisi nomor satu ini. Di satu sisi, hati saya sukaaa banget sama sebuah drama lainnya yang berjudul Misaeng tapi di sisi lain saya juga sukaaaaa banget nget sama drama The Greatest Love ini. Setelah melalui proses pemikiran yang panjang dan berliku (lebay nih bahasanya LOL) akhirnya drama paling favorit di tahun 2016 jatuh pada The Greatest Love. 





Pertimbangan saya menempatkan drama ini di urutan pertama karena ia mengandung semua unsur yang saya suka. Kisah percintaan sepasang manusia dewasa yang romantis, lucu, menggemaskan, mengharukan dan menjengkelkan tercampur menjadi satu dalam drama ini.

Diperankan secara apik oleh Gong Hyo Jin dan Cha Seung Won. Bercerita tentang kehidupan seorang sekuter (selebriti kurang terkenal) mantan anggota girlband bernama Gu Ae Jong (Gong Hyo Jin) yang mencoba untuk bertahan pada kerasnya kehidupan industri hiburan korea. Pertemuannya dengan seorang aktor terkenal korea yang arogan bernama Dok Go Jin (Cha Seung Won) membawa perubahan besar dalam karir dan kehidupan asmaranya.

Saking sukanya pada drama ini, sampai saat ini saya masih suka menontonnya terutama saat mood nulis sedang hilang. Drama ini menjadi salah satu mood booster saya.

Misaeng

Urutan kedua untuk drama terfavorit tahun 2016 kemarin adalah Misaeng. Orang yang pertama kali membuat saya penasaran ingin menonton drama ini adalah Mba Vita Masli (yup, saya membaca review misaeng di blog Mba Vita). Setelah itu saya pun mulai googling review drama ini, dan saya semakin penasaran karena hampir seluruh orang yang mereviewnya mengatakan bahwa dramanya is the best.

Berbekal review positif yang saya baca, akhirnya saya memantapkan hati untuk menonton drama ini dan sama seperti yang lainnya, saya juga terpesona dan jatuh hati pada tokoh Jang Geu Rae (Siwan), si pemeran utama di drama ini. Berbeda dengan drama korea lainnya, Misaeng tidak menampilkan kisah percintaan nan romantis antara first lead male dan first lead female-nya.


Geu Rae bersama atasan  & rekannya di tim 3

Drama ini bercerita tentang jatuh bangun perjuangan para karyawan/ti yang bekerja pada sebuah perusahaan perdagangan di Korea yang bernama One International. Bercerita tentang begitu susahnya seorang karyawan tanpa keterampilan seperti Geu Rae bertahan dalam ganasnya persaingan dunia kerja.

Apa yang membuat saya suka drama ini? Yaa tokoh Geu Rae-lah yang menjadi daya tarik utama drama ini. Melihat kesungguhan Geu Rae untuk belajar, mengingatkan saya pada masa awal memasuki dunia kerja beberapa tahun yang lalu. Daya tarik lainnya adalah jalan ceritanya yang menarik, dan juga chemistry para pemainnya membuat drama ini layak ditonton oleh siapa saja.

Dalam drama ini juga digambarkan dengan jelas bahwa pendidikan seseorang sangat berpengaruh pada jenjang karirnya. Geu Rae yang hasil kerjanya memuaskan terpaksa harus menelan pil pahit tidak diangkat menjadi karyawan tetap seperti teman-temannya yang lain karena ia hanyalah tamatan GED (sekolah setingkat SMA).


Angry Mom

Yang menempati urutan terfavorit tiga adalah Angry Mom. Tema drama ini adalah tentang kekerasan yang terjadi di sekolah juga besarnya kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

Bercerita tentang seorang ibu yang bernama Jo Kang Ja (Kim Hee Seon) yang menyamar sebagai siswi di sekolah anaknya karena ingin membalas dendam pada pengganggu anaknya, Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung). Para pengganggu tersebut melakukan kekerasan (baik fisik maupun psikis) pada Ah Ran hingga membuat Ah Ran menderita tekanan jiwa dan depresi sampai akhirnya harus dirawat di rumah sakit.

Penyamarannya di sekolah tidak hanya membuatnya mengetahui siapa pembully anaknya, Kang Ja juga mengetahui hal yang lebih menakutkan tentang konspirasi tingkat tinggi yang melibatkan "orang-orang penting" dalam lingkup lembaga pendidikan di Korea. Menurut saya, cerita yang ditampilkan drama ini seru banget. Penonton akan digiring untuk ikut merasa tegang, sedih, marah, gemas, jengkel dan juga lucu.

Ceritanya menjadi manis karena dibumbui oleh kisah naksir-naksiran Ah Ran dengan sang ketua kelas. Tak ketinggalan, cerita lucu nan menggemaskan juga datang dari teman sekelas Ah Ran yang bernama Go Bok Dong (Ji Soo) yang diam-diam naksir sama ahjumma Jo Kang Ja, hihihi lucu deh.



ini nih si Bok Dong yang naksir Kang Ja, hihihi 

Apa yang membuat saya suka pada drama ini? Hmmm apa yaa? Mungkin naluri seorang ibulah yang memengaruhi saya untuk terus menyaksikan drama ini. Sebagai seorang ibu, saya sepakat dengan apa yang dilakukan Kang Ja. Saya juga ikut marah melihat Ah Ran yang sangat menderita. Ibu mana sih yang akan rela bila tahu anaknya diperlakukan tidak baik oleh orang lain? Walau tidak akan melakukan hal ekstrim seperti yang dilakukan Kang Ja, tapi saya pasti akan membela dan melindungi anak saya dari siapapun yang menyakitinya!


Marriage Contract


Drama lain yang juga saya suka di tahun 2016 kemarin adalah Marriage Contract. Bercerita tentang sepasang suami istri yang menikah kontrak demi kepentingan masing-masing. Sang pria yang bernama Han Ji Hoon (Lee Seo Jin) memutuskan menikah agar bisa meminta istrinya mendonorkan hatinya kepada ibunya yang sekarat.

Sedangkan si wanita yang bernama Kang Hye Soo (UEE), seorang janda beranak satu menikah untuk membebaskan dirinya dari utang yang ditinggalkan oleh almarhum suaminya. Di tengah perjalanan, ia mengetahui bahwa usianya tak akan lama lagi karena sel kanker sedang menggerogoti otaknya. So sad, hiks!




Menyaksikan pernikahan mereka yang awalnya hanya berdasar kepentingan masing-masing, lalu perlahan-lahan mulai saling membutuhkan, hingga akhirnya mereka menyadari bahwa sebenarnya mereka saling mencintai itu membuat saya jatuh cinta pada drama ini.


Chemistry antara Lee Seo Jin dan UEE sungguh sangat kuat. Tak hanya keduanya, aktris cilik yang berperan sebagai anak UEE juga memiliki chemistry yang sama kuatnya. Saat menyaksikan kebersamaan mereka, saya bisa ikut merasakan kebahagiaan mereka. Chemistry suami istri dan anak itu sungguh DAEBAK!


Selain menyukai chemistry mereka yang TOP BGT itu, menonton drama ini juga membuat saya baper sebaper-bapernya. Air mata saya tumpah tak terbendung. Melihat perjuangan Kang Hye Soo dalam mempersiapkan masa depan anaknya sungguh membuat saya tersentuh. Sosoknya juga digambarkan sebagai single mom yang "tahan banting" dan tidak cengeng padahal kehidupan yang harus dijalaninya sangat berat. Dua jempol untuk akting UEE di drama ini!

Descendants of the Sun

Saya yakin pasti bukan saya doang yang suka sama drama fenomenal yang satu ini! Iya doong, hayoo ngaku? Kamu juga pasti suka sama drama ini kaan, iyaa kaaan? *loh, kok jadi maksa gini sih Mbaa?*

Drama ini banyak bertaburan adegan-adegan romantis yang meme-able. Pasti semuanya masih ingat sama adegan minum anggur di pantri saat di luar sedang gerimis itu kaann? Atau adegan di depan pom bensin? Atau adegan rambut dan baju yang berhias jerami itu dong yaa? Adegan fenomenal itu mah, hihihihi






Chemistry antara dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dengan kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) tak terbantahkan lagi. Hmmm, saya sampai kehabisan kata untuk menggambarkannya. Yang bisa saya katakan adalah drama ini sukses membuat saya susah move on hingga berhari-hari lamanya. Saya baru bisa move on setelah menonton ulang The Greatest Love.


Faith (The Great Doctor)


Saya memutuskan untuk menonton drama ini karena ingin menyaksikan akting Kim HeSeon. Entah mengapa, setelah menyaksikan aktingnya di Angry Mom (walau beberapa tahun silam saya juga pernah menyaksikan aktingnya di drama Sad Love Song) membuat saya tertarik untuk menonton dramanya yang lain, dan pilihan saya jatuh pada drama Faith ini.

Siapa yang menyangka, saat menyaksikan episode-episode awal saya malah terjerat pesona Lee Min Ho. Abang, pesonamu sungguh mampu menggoyahkan iman eneng yang lemah ini Bang! Ok, abaikan kalimat terakhir ini.

tatapan mata si abang menusuk jantung eneng

Bercerita tentang seorang dokter ahli bedah plastik zaman modern bernama Yoo Eun Soo (Kim Hee Seon) yang "diculik" oleh kapten pengawal raja zaman Goryeo bernama Choi Young (Lee Min Ho) untuk menyelamatkan permaisuri yang lehernya terluka parah.

Di zaman goryeo, Eun Soo terpaksa harus hidup di sekeliling orang-orang yang menganggapnya sebagai dewa yang turun dari langit. Berkali-kali ia ingin "kabur" saja dari sana namun usahanya tak pernah berhasil. Dan dapat ditebak, seringnya ia berada di sekitar Choi Young membuat benih-benih cinta mulai tumbuh di antara keduanya.

Lalu hal apakah yang membuat saya menyukai drama ini? Yang saya suka dari drama ini adalah ..... hayo coba tebak?? Yup, kamu benar. Lee Min Ho adalah salah satu daya tarik dari drama ini. Selain itu jalan ceritanya juga sangat menarik dan.... tentu saja chemistry antara Eun Soo dan Choi Young yang berhasil membuat hati saya berbunga-bunga, hihihi. Bayangkan saja, seorang kapten berhati "dingin" tiba-tiba menyadari dirinya jatuh cinta pada seorang wanita cerewet, ceplas ceplos, keras kepala dan... matre seperti Eun Soo.

Sungguh, karakter Choi Young di drama ini membuat saya jatuh hati. Ia tidak menunjukkan cintanya dengan kata-kata, melainkan dengan perbuatan. Ahahahay tipikal pria idaman saya banget nih LOL

Birth of a Beauty

Ini adalah drama pertama yang saya tonton di tahun 2016 kemarin. Drama ini bercerita tentang seorang wanita bernama Sa Geum Ran (Ha Jae Suk) yang diselingkuhi oleh suaminya karena wujudnya yang buruk rupa. Sang suami menikahinya tanpa cinta. Bagi sang suami, istrinya hanyalah alat untuk mendapatkan harta. Setelah mendapatkan apa yang ia mau, sang suami membunuh istrinya dengan cara menabrak mobil istrinya hingga jatuh ke laut *kejam banget yaa, huhuhu*

Sayangnya, rencana sang suami tidak berjalan lancar. Sang istri yang buruk rupa itu tidak meninggal dunia dan berhasil berenang hingga ke daratan lalu ditemukan oleh seorang pria jenius yang bernama Han Tae Hee (Joo Sang Wook) yang kemudian merubah wujud si wanita malang menjadi cantik jelita melalui operasi plastik.




Setelah menjadi cantik, Sa Geum Ran merubah namanya menjadi Sara (Han Ye Seul). Ia berniat membalas dendam pada suami dan wanita selingkuhan suaminya. Namun seiring berjalannya waktu, Tae Hee mulai merasa tertarik pada Sara. Hal-hal menarik yang dimiliki Sara seperti pandai memasak, lugu dan baik hati mulai mengisi hatinya. Tapi sayangnya Sara tidak menyadari perasaan Tae Hee.

Saya suka sama drama ini karena mengandung pesan yang sangat dalam bagi para wanita bahwa kecantikan fisik itu penting namun kita tidak boleh melupakan satu hal bahwa inner beauty juga sama pentingnya. Punya wajah cantik tapi attitude jelek itu sama saja bohong, begitu pula dengan punya attitude bagus tapi fisik yang "kurang cantik" bisa menjadi alasan pasangan untuk berpaling.

Oh iya, satu hal lagi yang baru saya ketahui setelah menonton drama ini yaitu ternyata orang-orang yang melakukan operasi plastik itu ternyata punya "perjuangan" sendiri, contohnya seperti saat Sara lupa meminum obatnya, maka ia berubah menjadi wanita yang tidak terkendali. Memang benar apa yang dikatakan oleh orang-orang bahwa cantik itu mamang mahal harganya, hihihihi



Cheongdamdong Scandal

Drama yang berjumlah 119 episode ((119 EPISODE)) ini tayang di Korea pada bulan Juli 2014 hingga Januari 2015. Bercerita tentang seorang wanita lemah lembut bernama Eun Hyun Soo (Choi Jung Yoon) yang didzolimi oleh mertuanya juga diselingkuhi oleh suaminya. Tak hanya itu, ternyata ia adalah seorang anak yang diculik dan dipisahkan dari ibunya sejak kecil. Wow, multivision banget yaa alur ceritanya? hihihi.

Walau alur ceritanya seperti sinetron, tapi entah mengapa saya suka banget sama drama Cheongdamdong Scandal ini. Tidak seperti drama lain yang semuanya saya tonton di laptop, drama ini saya tonton di televisi melalui saluran LBS (salah satu saluran TV kabel yang ada di rumah kost saya).




Walau episodenya sangat panjang, namun durasi tayang per episodenya cukup singkat yaitu hanya 30 menit saja. Di akhir episode, penonton akan selalu dibuat penasaran untuk menyaksikan episode berikutnya. Mungkin karena itulah, sedikitpun saya tidak merasa bosan saat menontonnya.


Bagi kamu yang suka cerita ala sinetron multivision awal tahun 2000-an, tak ada salahnya untuk mencoba menonton drama ini. Sssst, satu hal yang paling saya ingat dari drama ini adalah pemeran antagonisnya (mertua 
Hyun Soo) itu benar-benar bikin emosi jiwa, jahatnya kebangetan euy ngalahin jahatnya Leyla Sagita di sinetron Tersanjung atau jahatnya Tante Mer di sinetron Kisah Sedih di Hari Minggu (mantan penggemar sinetron).
**

Itulah delapan drama terfavorit yang saya tonton sepanjang tahun 2016. 
Drama-drama tersebut berhasil memberikan warna tersendiri sepanjang tahun kemarin.


Setelah diperhatikan, ternyata hanya ada 2 judul drama yang benar-benar tayang pada tahun 2016 yang masuk dalam kategori drama terfavorit yang saya tonton sepanjang tahun 2016 kemarin, sedangkan enam drama lainnya adalah drama yang tayang sebelum tahun 2016.

Hal itu bukan berarti drama di tahun 2016 kemarin jarang yang bagus yaa, penyebabnya adalah karena sayalah yang kurang banyak menonton drama produksi tahun 2016 tersebut. Untuk drama si Oppa gagah yang berjudul The Legend of the Blue Sea dan Goblin sengaja tidak saya masukkan dalan drama terfavorit tahun 2016 karena keduanya masih tayang di awal tahun 2017. Saya pastikan kedua drama itu masuk dalam drama terfavorit di tahun 2017, hehehe.


Udahan dulu yaa tulisannya, nampaknya artikel ini sudah kepanjangan. Semoga kamu tidak bosan membacanya dan sampai jumpa di tulisan saya tentang drama korea di kesempatan berikutnya ^_____^


*Note:

semua foto saya ambil di http://asianwiki.com/ (kecuali foto pertama)

23 comments:

  1. Wihhh tfs ya Mba, ada beberapa yg belum saya tonton nih hihi

    ReplyDelete
  2. Nah, mumoung blm masuk sekolah, aku mau nonton ah, makasih y mbk ira, udh dibikinin listnya, :)

    ReplyDelete
  3. Penggemar berat drama korea ya Mbak Ira. Ini ponakanku banget hehehe :) Tapi emang artisnya ganteng2 ya :)

    ReplyDelete
  4. Whoaaah, keren. dari semua Drama itu aku cuma khatamin Dots doang. yang angry mom cuma nonton sekilas aja. eh iya, faith juga udah pernah nonton sih, cuma adah lama banget.

    aku baru expert banget sama drama korea ini tahun 2016-an sih. jadi yang sebelum itu nggak banyak yang aku tonton.

    ayook ngerumpiin bareng drama korea :))

    ReplyDelete
  5. Aaaaak jadi langsung pengen nonton faith sama the greatest love niiihhhhh. Maaci rekomendasinya Maaaak

    ReplyDelete
  6. Waaah aku jd pengen nonton faith.ada lee min ho hahahah

    ReplyDelete
  7. kyaaa.. banyaknyaa kak .. salah malah nd nonton drama 1pun tahun kemarin. hhihihi..

    ReplyDelete
  8. Belum pernah nonton semuanya, tapi penasaran pengen nonton

    ReplyDelete
  9. Lama gak nonton drama korea. Jadi kangen

    ReplyDelete
  10. dari semuanya, favoritku tetep misaeng. ceritanya dalem banget :3

    ReplyDelete
  11. Cuma nonton Dots, wah ntr nyari ah dramanya TFS :D

    ReplyDelete
  12. Saya nggak suka DotS lho mba :)) Nggak suka pake banget. Di daftar ini yang aku suka cuma Misaeng. Itu pun karena emang unik banget.

    ReplyDelete
  13. dari list di atas aku paling suka Marriage Contract, ikutan sesegukan waktu UEE nangis kehilangan hp nya..pengen nonton lagi ah nanti :)

    ReplyDelete
  14. Mba salam kenaal..

    Duh saya pengen nonton Greatest Love kok belum kesampaian ya

    dan Review di atas membuat saya jadi pengen nonton Faith! Hahha

    ReplyDelete
  15. MBA IRA, akhirnya aku jadi punya pilihan nonton Drakor. Hihiii. Selama ini bingung mau nonton yang mana :)

    ReplyDelete
  16. Wawwww kak.. 119 episode? amaijinggg! :D
    Tapi kalau sudah suka pasti dijagai di kak? Saya juga dulu suka nonton di LBS. Apalagi yang jam pulang kantor... hu.. burur-buru pulang, kalau ndak nonton rame-rame di kantor. Haha

    ReplyDelete
  17. Pada dasarnya saya nggak suka nonton drakor atau sinetron karena takut kecanduan hehe..

    Tapi kalau yang main Lee saya percaya pasti bagus sekali. Mbak Ira saja sampai segitu kagumnya sama Lee, hehe..

    Yang paling pengen saya tonton adalah angry mom, penasaran saja kok ketua kelasnya bisa naksir itu ibu-ibu, pasti cantik banget tuh ibu-ibunya. Selain mengispirasi juga sih perjuangan seorang ibu untuk membela anaknya :)

    ReplyDelete
  18. salam kenal mbak. baru berkunjung kesini. Omong-omong aku sudah lihat semuanya. Dan memang lihat drama korea itu nggak ada kata bosan deh.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  19. Mb ir ahjussi yg di the greatest love tu di salah satu judul thriler pernah meranin cowok belok klo ga salah pake high heels hohoo

    ReplyDelete
  20. Baru nonton Birth of Beauty, Descendant of The Sun sama Faith. Lagi ga nonton nih Mbak, walaukata ada yg bilang Goblin bagus. Hiks. Lagi banyak kerjaan, kalau nonton korea bisa ga kelar-kelar. Hahaha.

    ReplyDelete
  21. Baru nonton DOTS aja... Drakor emang bagus2 cerita dan aktingnya.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini :) :)

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus.