TIPS AGAR RUMAH TETAP AMAN SAAT DITINGGALKAN

November 29, 2016

pic source: pixabay.com

Salah satu hal yang paling menyesakkan dada di dalam hidup ini adalah saat merasa kehilangan. Yup, bagaimana pun bentuknya, kehilangan tak pernah menyenangkan, ia selalu menyisakan kesedihan bagi yang merasakannya.

Kesedihan itu pula yang kami rasakan beberapa waktu yang lalu saat rumah kami dimasuki tamu tak diundang dan berhasil mengambil beberapa barang juga uang tunai yang saya simpan. Padahal saat itu kami meninggalkan rumah tak sampai satu jam lamanya. Mana pagi hari pula kejadiannya -_____- 


Tak ada kejadian yang tak mengandung hikmah. Begitu pula dengan kejadian buruk yang kami alami tersebut. Ada banyak hikmah yang bisa kemi petik, salah satunya adalah lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah. Kami juga sadar bahwa tak hanya kecurian  yang bisa terjadi saat rumah ditinggalkan tapi masih ada beberapa kejadian buruk lain yang mungkin bisa terjadi.

Sebagai manusia sosial yang hidup bermasyarakat, kadang kala ada waktu-waktu tertentu yang membuat kami harus berpergian mengunjungi atau menemui saudara di rumah minimalisnya dan meninggalkan rumah tanpa penjagaan. Walau rasa khawatir dan was-was masih kerap membayangi terkait peristiwa kehilangan beberapa waktu yang lalu namun kami tetap harus meninggalkan rumah.

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan rumah guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat rumah ditinggalkan:

1.  Matikan listrik
Sebelum keluar rumah, harap matikan seluruh aliran listrik yang ada di dalam rumah kita. Cara ini adalah salah satu bentuk pencegahan kebakaran. Aliran listrik yang dibiarkan menyala bisa menjadi penyebab korsleting. Apalagi bila di dalam rumah ada tikus yang berkeliaran, jangan sampai mereka menggigit kabel dan meyebabkan korsleting listrik.


Sudah banyak berita di televisi yang mengabarkan kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik. Tak hanya mencegah kebakaran, mematikan aliran listrik juga bisa mengurangi tagihan pembayaran listrik.

2.  Mematikan kompor gas
Selain korsleting listrik, masih ada penyebab lain kebakaran yaitu lupa mematikan kompor. Sebelum keluar dan meninggalkan rumah, pastikan dulu kompor sudah dimatikan. Jangan sampai kelalaian kita mematikan kompor menjadi penyebab sesuatu yang akan kita sesali.

3.  Kunci rapat pintu dan jendela
Pintu ataupun jendela yang terbuka dapat dimasuki siapa saja terutama oleh para tamu tak diundang alias maling. Sebelum keluar rumah yuk periksa semua jendela dan pintu. Pastikan semuanya terkunci saat kita melangkahkan kaki keluar dari rumah.

Kemalingan yang kami alami beberapa bulan yang lalu disebabkan oleh hal ini. Saat itu kami lupa mengunci pintu yang menghubungkan dapur dan ruang makan. Tindakan ceroboh itu akhirnya sangat kami sesali.

4.  Mengamankan perhiasan dan barang berharga
Bagi sebagian orang, mereka akan menyimpan barang berharga miliknya seperti perhiasan emas, sertifikat, barang antik yang bernilai tinggi dan juga uang tunai di sebuah tempat yang aman misalnya bank. Namun ada sebagian lainnya yang tetap menyimpan barang berharga miliknya di dalam rumah. Untuk tipe yang kedua ini sebaiknya memiliki brankas di rumahnya. Namun bila tidak memiliki brankas, ada baiknya barang berharga tersebut disimpan ditempat tersembunyi yang tidak diketahui siapapun.

5.  Pasang CCTV atau satpam
Buat jaga-jaga, kamu juga bisa memasang CCTV ataupun menyewa tenaga pengamanan untuk mengamankan rumah saat kamu bepergian jauh. Setidaknya CCTV dapat merekam seluruh aktifitas di dalam rumah (bila cctv-nya dipasang di dalam rumah) dan bisa melacak pelakunya bila sewaktu-waktu rumah kamu dirampok (amit-amit semoga ini tidak pernah kejadian, amin).

6.  Tahu waktu
Jika memang alasan kamu keluar rumah hanya untuk menghabiskan waktu luang saja tanpa ada maksud lain sebaiknya urungkan dulu niat kamu untuk pergi atau bila pengen banget keluar rumah, janganlah terlalu lama-lama meninggalkan rumah.

Dari keenam hal di atas, manakah yang sudah kamu terapkan saat hendak keluar dan meninggalkan rumahmu gaes? Atau mungkin kamu punya cara lain yang kamu lakukan untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggalkan? Yuk bagikan caranya di kolom komentar JJ

You Might Also Like

4 Komentar

  1. Aku belum pasang CCTV mba xixixi abis rumahnya juga dikampung :p

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, belum pernah lupa poin2 di atas. Tapi Mbakku pernah lupa nggak matiin pompa air, tetangga deh yg matiin. Lupa anak juga pas tidur, hihihi, ada aja ya :)

    BalasHapus
  3. Nomor 4 ngga, haha soalnya ngga punya mbaa :D
    Mudah2an rumah selalu aman ya mba, saat kapan pun

    BalasHapus
  4. cabut alat2 listrik.. karena bukan malingbaja yng mengancam.. kadang konsleting listrik lebih seram
    ..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉

Member Of




Recent Comments

`