ARTIKEL KE-500

pic source: pixabay.com

Alhamdulillah, di usianya yang ke-6 tahun lebih empat bulan, akhirnya blog ini bisa menghasilkan 500 artikel juga, yeay! đŸŽ‰. Beri tepukan yang meriah, Gaes! đŸ‘đŸ˜‚

Sebenarnya agak malu menuliskan hal ini karena bila dibandingkan dengan blog lain yang seumuran, pencapaian jumlah artikel blog ini mungkin tertinggal jauh, namun saya menuliskan ini bukan untuk membuat perbandingan. Saya menulis ini sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi terhadap diri sendiri. Di tengah kemalasan menahun yang saya alami (empat tahun didera kemalasan), ternyata saya masih bisa menulis.

Jujur saja, bisa mencapai artikel sebanyak ini adalah hal yang takut saya bayangkan sebelumnya. Makanya ketika berada di posisi ini saya nyaris tidak percaya. Saat membuka dashboard blog dan melihat jumlah artikel yang terpublish sudah 499, mata saya langsung berbinar, hati saya membuncah tak terkendali dan buru-buru tangan saya menulis artikel ini agar jumlahnya genap 500.

Lalu ingatan saya mulai mundur ke belakang. Saya ingat, kemalasan mulai melanda di tahun 2018. Saya lupa faktor apa yang menjadi pencetus kemalasan saya, namun di tahun itu total artikel yang saya hasilkan sepanjang tahun hanya berjumlah 71 artikel saja (sudah termasuk placement artikel) padahal di tahun sebelumnya artikel yang terpublish 104 artikel. 

Di tahun 2019 saya berusaha memperbaiki diri, mencoba menghilangkan rasa malas yang menggerogoti, namun bukannya berhasil, kemalasan semakin jauh masuk ke dalam sukma (duh, bahasamu, Neng! đŸ˜). Di tahun itu, total artikel yang saya hasilkan hanya bertambah satu dari total artikel di tahun sebelumnya. Sungguh terlalu! đŸ¤Ļ‍♀️

Dan puncak kemalasan saya terjadi di tahun 2020. Bayangkan saja, sepanjang tahun tersebut, total artikel yang terpublish di blog ini hanya 31 saja. Jumlah tersebut bahkan tidak sampai setengah dari total artikel tahun 2019 đŸ˜­. Saking malasnya saya di tahun itu, di blog saya yang satunya, artikel yang terpublish sepanjang tahun 2020 hanya 3 artikel saja. Yap, kalian tidak salah baca Gaes, yang terpublish benaran hanya 3 ((TIGA)). Sungguh kumalu menulis ini tapi begitulah adanya.

Di tahun 2021, jumlah artikel yang terpublish lumayan agak bertambah dibanding tahun sebelumnya yaitu 59 artikel. Di tahun 2021 ini saya mulai sadar diri dan mulai tidak berani membuat resolusi apapun terkait blog ini. Sejak saat itu, saya malu sekaligus takut berharap terlalu tinggi pada blog ini. Ya, saya sepasrah itu. 

Namun setelah membuat artikel 9 artikel terpopular selama tahun 2021 kemarin dan melihat pageviews blog ini selama tahun 2021 mengalami peningkatan, entah mengapa harapan dan semangat untuk menulis muncul kembali. Harapan yang di tahun 2021 kemarin sempat hilang mulai menampakkan diri kembali. Keyakinan yang dulunya pudar, perlahan-lahan kembali hadir. Bila saya mulai rajin menulis lagi, bukan tidak mungkin jumlah artikel yang saya hasilkan tahun ini bisa lebih banyak pun dengan pageviews-nya. Ayo kita mulai semangat nge-blog lagi, Ira! đŸ’ĒđŸģ

Sebelum mengakhiri artikel ini, saya pengen bilang pada diri sendiri. 

Terimakasih, Ira. Sepanjang usia blog ini kamu sudah melakukan yang terbaik. Rasa malas adalah hal yang manusiawi, jangan pernah salahkan dirimu karena hal itu. Cukup perbaiki diri dan kemudian rajinlah menulis kembali. Jumlah artikel di blog bukanlah lomba yang harus kamu menangkan, cukup menulis sesuatu yang kamu senangi atau apapun yang kamu rasakan, seperti tagline blog ini yakni sebagai wadah untuk menuangkan pikiran dan rasa dalam kata. Berhentilah merasa terbebani, bersenang-senanglah dengan blog ini.


Akhir kata, selamat yaa, Ira. Blogmu ini akhirnya bisa menghasilkan 500 artikel. Semoga setelah ini blog ini akan menghasilkan banyak artikel lain yang tidak hanya berisi curahan hatimu namun juga artikel yang bermanfaat  untuk orang lain. Fighting, Ira! đŸ’ĒđŸģ



38 Comentarios

  1. Wah selamat udah sampai di artikel yang ke-500, semoga kedepannya bisa konsisten dan melahirkan banyak artikel yang bagus. Semangat nulisnya, semangat blogger!

    BalasHapus
  2. Sangat produktif! aku nulis sebulan satu tulisan aja berat hiks. Semoga makin semangat dan tetap konsisten ya mbak.

    BalasHapus
  3. Selamat kakak atas keberhasilannya menulis artikel ke 500. Semangatnya itu ya memang yang harus terjaga dan konsisten dalam menulis. Aku termasuk yang banyakkan bolongnya nih. Harus ditiru nih caranya kakak menulis. Salam hangat: Dennise

    BalasHapus
  4. Mantul mba, produktif, aku sudah susah buat produktif, berusaha tetap nulis aja di sela sela merawat mertua,

    BalasHapus
  5. Selamat Mbak Ira atas lahirnya 500 artikel. Wih keren..

    Memang terkadang kalau rasa malas untuk menulis hadir tuh bener2 mentok ya mbak bingung milih kata2nya hehhehe. Tapi pasti ada sesuatu hal bak pecutan akhirnya yang membuat kita jd semangat nulis lg.

    Semangat Mbak Ira... sukses selalu Mbak.

    BalasHapus
  6. Selamat untuk artikel yang ke-500 nya Mbak
    Memang tantangan terbesar dari diri sendiri ya. Semangat lagi yuk, rutin update blognya...Sukses terus!

    BalasHapus
  7. Artikel 500 an pencapaian yang bagus sebagai publisher, turut berbahagia mendengarnya

    BalasHapus
  8. Selamat sudah mencapai 500 postingan, Mbak. Semoga terus produktif, ya. Menjaga konsistensi memang lumayan sulit. Saya pun terkedang masih suka naik turun semangatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pageview memang bisa mempengaruhi mood. Saya pun kalau pv lagi ngedrop, semangat juga suka ikutan turun hihihi

      Hapus
  9. Alhamdulillah sudah bisa sampai ke titik ini, Mbak Ira. Memang patut mengapresiasi diri. Selamat yaa. In syaa Allah menuju angka 750 lalu 1000 menjadi lebih mudah nanti :)

    BalasHapus
  10. Selamat anniversary untuk blognya mba ira semoga selalu menginspirasi terimakasih sudah banyak berbagi ke kita semua

    BalasHapus
  11. Keren banget Mbak, produktif banget pasti ya? Kalau saya baru-baru ini lagi saja mulai produktif lagi, semoga bisa mencapai 500 artikek juga seperti Mbak, keren!

    BalasHapus
  12. selamat Mbak, ini blog utama ya?

    kalo saya jalan2 dulu di Kompasiana dan bikin banyak blog

    sesudah itu baru serius di satu blog, jadinya ya gak memuaskan

    BalasHapus
  13. Waaahh selamat ya Mbak Ira. Luar biasa. Sudah mencapai 500 artikel. Dan eh saya jadi penasaran pengen tahu berapa artikel yang sudah saya buat sejauh ini ya hahahaha. Jadi pengein ikutan ngitung.

    Semoga ditahun-tahun depan Mbak Ira semakin produktif dan melahirkan banyak tulisan bermanfaat dan berkualitas.

    BalasHapus
  14. Keren. Aku tahu sih mencapai angka 500 artikel bukan hal yang mudah. belum menghadapi moody yang kadang mengganggu. Semangat melangkah ke tahap selanjutnya, Kak.

    BalasHapus
  15. Keren banget Mba :)
    Semoga selalu menginspirasi, semakin produktif, semakin banyak melahirkan tulisan-tulisan yang bermanfaat, Mbaa ^^

    BalasHapus
  16. Selamat mba sudah konsisten menulis hingga 500 artikel post
    Semoga makin produktif ya dan menghasilkan tulisan yang menyenangkan juga mengispirasi bagi pembacanya

    BalasHapus
  17. Yeay, selamat ya, Mbak atas pencapaian artikel yang ke 500 ini. Semoga semakin giat untuk ngeblog dan BW lagi. Pantesan kayaknya udah lama gak BW ke blognya Mbak Ira :)

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, selamat yaaa..!!
    Semangat berkarya terus dengan menghasilkan tulisan2 lagii yang bermanfaat bagi orang lain terutama bermanfaat bagi diri sendiri juga.
    Yeaay!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mak Ira,
      Ini aku Nchie Hanie yaa, begh ga ada namanya, Hihiii..

      Hapus
  19. Keren banget. Salut sama konsistensi menulisnya. Banyak banget dibandingkan tulisan saya dalam rentang waktu yang sama. Selamat ya ... Semoga bisa terus menularkan virus semangat menulis nya

    BalasHapus
  20. Semangat terus mbak ira untuk membagikan ilmu yg bermanfaat melalui blog. Tak ada hal lain yg dibawa mati, kecuali ilmu, amal, & doa anak yg soleh..

    BalasHapus
  21. Selamat dan semangat buat nulis terus nulis di blog

    BalasHapus
  22. Selamat dan tetap semangat nulis ya, Mbak

    Jadi mau cek juga berapa artikel yang udah kutulis selama ini, hehehe

    BalasHapus
  23. butuh sebuah konsisten untuk rajin mengisi blog dengan artikel berkualitas ya mbak. Kadang sayapun demikian, sering mager untuk menulis. Dulu diawal ngeblog masih penuh semangat begitu sudah sekian tahun rasa malas menghampiri. Selamat untuk artikel ke 500 mbak Ira semoga tulisannya makin menginspirasi pembaca.

    BalasHapus
  24. luar biasaaa mba.. aku jadi langsung cek sebenernya udah buat berapa banyak tulisan di blog hehehe. ternyata aku udah published 1777 hahaha.. semangat selalu yaaa ngeblognya mbaaa

    BalasHapus
  25. Selamat ya mbak Ira, luar biasa artikelnya sudah banyak meski usia blognya masih 6th. Semoga semakin banyak tulisan yang menginspirasi dan bermanfaat untuk orang banyak

    BalasHapus
  26. Selamat mba Ira, kayaknya bakal gantian tahun ini aku yang dikit artikelnya hehehe. Allhamdulilah lagi hamud, hormon nya dan kesehatan naik turun. Sehat sehat tapi dan tetap semangat ngeblog.

    BalasHapus
  27. sebuah pencapaian yang luar biasa, mbak. selamat sudah bisa bertahan sampai enam tahun ngeblog. bukan waktu yang bentar lho, ya. semoga ke depannya bisa semakin produktif menulis ya, mbaakk.

    BalasHapus
  28. Wah keren banget Mbak. Selamaaaaat. Sudah menulis 500 artikel. Semoga semakin produktif yaa.

    BalasHapus
  29. Selamat, kak Ira..
    Langkah yang baik untuk semakin sering menulis di blog dengan memperhatikan jumlah artikel. Salut banget sama kak Ira yang masih menulis di sela-sela padatnya aktivitas.

    BalasHapus
  30. wah keren banget mba udah sampai ke artikel 500 aja, mantaaap yaa produktif di sela-sela kerjaan kantoran ya mba

    BalasHapus
  31. Yeayy selamat ya.. artikelnya sudah mencapai angka 500. Saya juga kayaknya sekitar 6 tahun eh 7 tahun ngeblog malah baru mencapai angka segitu kalau sekarang sudah mencapai 600-an. Jadi kepikiran mau nulis kayak gini juga kalau jumlah blogpost udah 1000, hehe

    BalasHapus
  32. Semangat menulis blog memang naik turun mba, manusiawi lah itu. Apalagi jika kita punya pekerjaan utama yang sudah menghabiskan waktu sepanjang hari. Pasti kelelahan ini menjadi alasan utama. Aku juga mengalami hal yang sama nih. Bedanya, dulu pas ngantor malah semangat membara. Sekarang udah jadi emak rumahan malah turun nih semangatnya hahaha... kacawww yaaa..

    BalasHapus
  33. huaaa, Kak Ira, keren. 6 tahun sudah bisa dapat 500 artikel.
    saya jadi malu, blog saya resmi muncul ke permukaan sejak 2006 tapi sampai saat ini saja jumlah artikel yang publish belum genap 800, betapa lambatnya pergerakan saya hihihih.

    semangat ngeblog lagi yaaa Kak ;)

    BalasHapus
  34. Wah keren mbak sudah banyak sekali artikel terpublish setiap tahunnya. Jadi menambah motivasi sy yang juga pemalas nih dalam membuat artikel baru hehehe

    BalasHapus
  35. Keren banget kak udah dapat 500 artikel dalam 5 tahun. Kekonsistenanya perlu ditiru nih. Aku gagal mulu udah beberapa kali buat resolusi jumlah artikel per tahunnya. Wkwk

    BalasHapus
  36. Selamat ya Mbak. Konsisten akan membawa hasil baik.
    Tulisan ini bisa jadi penanda capaian dan penyemangat saat sedang kendor.
    Dan... salut banget, 500 tuisan tercapai dalam 5 tahun. Kaau dirata-rata 100/tahun.
    Saya sudah 14 tahun, baru bersiap dengan artikel ke-1000.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉