CARA MEMILIH SEPATU SAFETY TERBAIK

pic source: pixabay.com


Sepatu safety merupakan salah satu barang yang wajib digunakan jika kita sering bekerja atau berada di tempat cukup memiliki resiko. Sayangnya memilih sepatu safety membutuhkan sedikit perhitungan, terutama jika kita tidak ingin mengorbankan kenyamanan pada saat memakainya dalam melakukan kegiatan sehari - hari.

Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal penting sebelum membeli sepatu safety terbaik agar setelah membelinya tidak ada penyesalan yang dirasakan karena salah memilih.

Bagaimana Cara Memilih Sepatu Safety Terbaik?

Ada beberapa pertimbangan yang harus digunakan ketika memilih sepatu safety, diantaranya adalah tingkat perlindungan dan keamanan, desain menarik, serta kenyamanan saat digunakan atau dipakai dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, harga adalah hal yang tidak boleh diabaikan karena ini berkaitan dengan budget yang hendak dikeluarkan.

Secara singkat berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu safety:
🥾 Material
🥾 Jenis Perlingungan
🥾 Kenyamanan
🥾 Desain
🥾  Harga

Kenapa Harus Memakai Sepatu Safety?

Menurut beberapa laporan, kecelakaan kerja menyebabkan cidera di bagian kaki, dengan menggunakan alat safety berupa sepatu ini para pekerja bisa mencegah, melindungi diri dari kecelakaan kerja. Para pekerja dengan lingkungan kerja ekstrem harus memakai sepatu safety karena alasan ini. Bahkan di Indonesia ada peraturan tertentu yang memberikan hukuman bukan hanya dari pekerja namun kepada perusahaan jika para pekerja tidak menggunakan alat safety dan keselamatan.

Secara umum kita bisa melindungi beberapa hal dengan menggunakan alat safety satu ini, yaitu:
✅ Melindungi dari slip, menghindari terpeleset
✅ Anti abrasi
✅ Anti apo
✅ Menghindari dari sengatan listrik
✅ Anti Korosi yang disebabkan oleh bahan kimia

Beberapa sepatu ini juga memiliki tingkat waterproof yang sangat baik, biasanya waterproof juga penting untuk diperhatikan terutama jika pemakainya sering berada di luar ruangan.

Jenis Sepatu Safety Berdasarkan Lingkungan Kerja

Sebenarnya semua industri seharusnya menggunakan alat safety satu ini sebagai standar bagi mereka. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bahwa disetiap industri ada beberapa perbedaan jenisnya.

Untuk Indoor dan Outdoor
Penggunaan indoor dan outdoor ini kerap kita temui untuk pekerja konstruksi atau bangunan, pekerja pertambangan, dan sebagainya. Untuk penggunaan lingkungan kerja satu ini akan lebih baik memilih sepatu safety dengan jenis S3 atau S5 dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Penggunaan Untuk Industri Produksi
Biasanya untuk penggunaan industri produksi ini akan digunakan di lingkungan kerja yang kering dan juga di dalam ruangan. Pemilihan sepatu safety dengan jenis S1 atau S1P akan memberikan fitur anti slip yang sangat baik. Tergantung dari lingkungan kerja, lantai apa yang dimilikinya.

Lingkungan Kerja Laboratorium atau Penuh Bahan Kimia
Sama halnya dengan industri produksi, untuk lingkungan kerja laboratorium akan banyak digunakan di dalam ruangan sehingga sepatu S1 dan S1P juga sangat membantu melindungi kaki dari lingkungan kerja tersebut.

Industri Otomotif
Sepatu yang spesifik untuk industri otomotif ditujukan untuk melindungi pekerja misal dari proses welding, dan sebagainya. Diklasifikasikan sebagai Hro, dan juga jenis untuk sepatu safety S1 juga sering terlihat dalam industri satu ini.

Berapa Harga Sepatu Safety Yang Baik?

Sebenarnya harga sepatu safety ini sangatlah beragam sesuai dengan merk dan juga beberapa kategori yang sudah dibahas di atas. Misalnya dari fitur anti panas dan anti api, anti cutting, dan sebagainya. Untuk mengetahui harga sepatu safety kita perlu mengetahui tujuan penggunaan. Sebagai tambahan, kita bisa juga cek harga jual sepatu safety dengan lengkap di berbagai marketplace online yang tersebar di seluruh tempat.

**

Demikian informasi singkat seputar sepatu safety semoga tulisan ini dapat membantu kamu mendapatkan produk safety shoes yang baik untuk digunakan sehari - hari.


8 Comentarios

  1. Sepatu itu memang penting banget buat pergi ke mana-mana dan harus memenuhi standard kaki biar kita nyaman dan aman, tapi sulit milihnya malah jatuhnya yang penting bermerek, hehe. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Di produk sepatu safety gini ada kode-kode tertentu nggak sih untuk mengetahui material yang digunakan, terus peruntukkannya untuk apa, biar nggak salah memilih?

    BalasHapus
  3. Ternyata di laboratorium juga butuh ya. Karena mikirnya cuma melibatkan tangan dan mata. Good to know, kalau utk safety gak bisa beli sepatu safety abal2

    BalasHapus
  4. Kalo sepatu safety ya menurut saya pribadi harga gak bisa bohong. Hehehe. Apalagi tujuannya untuk safety. Biarlah mahalan dikit, asalkan fungsinya terjamin.

    BalasHapus
  5. oh kek gitu namanya sepatu safety ya mbak ira, hihi.. baru tahu. Sepatu kek gitu sering lihatnya di luar negeri bnyk yg pake. Tapi emang sih kulihat harganya juga lumayan banget ya mbak.. sebanding dgn tujuan pembuatannya ya, nggak cuma gaya2an doank..

    BalasHapus
  6. Pemilihan produk penting banget sih, dari pemilihan itu pula bisa membuat produk bertahan berapa lama dan bisa kuat digunakan berapa kali. Biar gak rugi dan bisa dipake lama jadi harus memperhatikan hal-hal seperti yang disebutkan diatas, seperti :
    - Material,
    - Jenis Perlingungan
    - Kenyamanan
    - Desain
    - Harga

    Harga memang biasanya terakhir sih, kalau dari 1-4 sudah bisa didapatkan walaupun harganya mahal juga tidak masalah. Kalau harga udah mahal terus keempat hal itu tidak didapatkan ya mikir dua kali buat beli hhi.

    BalasHapus
  7. wah aku baru tahu sepatu safety ada kode-kodenya gitu. tapi kalau kerjanya di lapangan memang penting dan wajib banget ya, mbak pakai sepatu safety demi keselamatan kita

    BalasHapus
  8. Memilih sepatu apalagi untuk keamanan ini penting sekali.
    Selain juga kudu tetap nyaman. Memang setiap profesi memiliki cara masing-masing untuk menjaga keamanan di lingkungan kerja.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉