BERAGAM JENIS OBAT YANG HARUS DISEDIAKAN DI RUMAH

pic source: pixabay.com

Sejak awal tahun hingga pertengahan Februari kemarin kami sekeluarga bergiliran sakit. Dimulai dari saya kemudian menular ke anak-anak dan suami. Syukurlah sakit yang kami derita bisa sembuh hanya dengan istirahat dan minum obat-obatan yang sudah kami siapkan di rumah, jadi tidak perlu lagi ke dokter atau puskesmas.

Di masa pancaroba saat ini, menjaga kesehatan adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap orang. Belum lagi covid-19 varian omicron sedang lucu-lucunya, menjaga imunitas itu tidak bisa ditawar lagi. Mengonsumsi vitamin, istirahat yang cukup, tidak begadang, makan makanan bergizi, menerapkan protokol kesehatan plus vaksinasi adalah senjata untuk melawan omicron.

Berkaca dari pengalaman sakit kami kemarin, rasanya memang tidak ada salahnya bila kita meyediakan obat-obatan di rumah, tujuannya adalah sebagai bentuk pertolongan pertama bila kita terserang sakit sebelum memutuskan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Bila sakit yang kita derita masih bisa ditangani sendiri di rumah, rasanya pasti lebih baik dan tentu lebih aman juga karena kita tidak perlu ke puskesmas/rumah sakit dan bertemu banyak orang (sakit) lain yang bisa saja makin memperparah keadaan kita.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat-obatan yang mesti disediakan di rumah sebagai bentuk pertolongan pertama saat terserang sakit sebelum memutuskan ke dokter atau puskesmas/rumah sakit terdekat:

💊 Obat pereda demam dan penghilang rasa sakit seperti paracetamol, ibuprofen atau aspirin

💊 Obat sakit perut dan oralit

💊 Obat gatal-gatal

💊 Obat lambung, misalnya antasida

💊 Obat batuk dan inhaler

💊 Balsem, minyak gosok 

💊 Obat untuk luka

💊 Tetes mata

💊Suplemen kesehatan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Atau di masa pandemi ini, boleh banget mengonsumsi vitamin isoman agar kesehatan tubuh semakin terproteksi. 

Bila kita sudah menyediakan obat-obatan di atas dan terserang sakit, insyaallah kita akan merasa jauh lebih tenang dan tidak panik. Misalnya saja salah satu anggota keluarga kita terserang demam dan sakit kepala, segera kita kompres dengan air hangat dan berikan obat penurun panas. Kita tidak perlu repot membawanya ke dokter hanya untuk meminta obat demam. Namun bila sakit yang diderita tidak kunjung membaik dalam waktu tiga hari, sebaiknya memang harus dibawa ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Menderita sakit secara bergiliran seperti yang kami alami kemarin sangat berat rasanya. Baru saja bisa beristirahat dan bisa tidur nyenyak di malam hari, saya terpaksa harus begadang lagi demi merawat anak dan suami yang bergantian sakit. Menjadi ibu memang dituntut untuk selalu kuat dalam keadaan apapun yaa, hehehe. Rasa cinta yang besar kepada mereka adalah penguat saya hingga bisa melalui semuanya. Namun selain rasa cinta yang tulus, saya juga menerapkan beberapa hal berikut ini:

🌸 Konsumsi makanan sehat dan bergizi

🌸 Istirahat yang cukup. Walau rasanya sulit, namun saya usahakan untuk tetap tidur nyenyak minimal 5 jam sehari. Untungnya suami dan anak tidak bersamaan sakitnya. Saat anak sakit, setelah minum obat dan tertidur, maka saya akan meminta suami untuk menjaga anak sedangkan saya tiduran beberapa jam untuk memulihkan tenaga. Saat suami sakit, di malam hari saat anak dan suami sudah tertidur maka saya juga akan ikutan tidur

🌸 Konsumsi multivitamin

🌸 Mengelola stres dengan cara melakukan hal-hal yang saya sukai seperti nonton drama korea atau film india favorit, main game di handphone atau sekedar buka-buka medsos untuk membaca status atau foto yang dibagikan teman-teman

🌸 Bila merasa sudah tidak sanggup, saya meminta bantuan orang lain untuk membantu.

**

Menyediakan obat-obatan di rumah adalah bentuk ikhtiar dalam mengobati diri sendiri saat terserang sakit. Namun cara yang paling baik untuk melindungi tubuh kita dari penyakit adalah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat.

Semoga kita semua selalu sehat yaa. Buat yang saat ini sedang sakit, saya doakan semoga cepat pulih dan kembali sehat seperti sedia kala, amiiin



42 Comentarios

  1. Selain jaga kesehatan, udah beberapa waktu ini selalu sedia obat-obatan dan vitamin di rumah. Buat jaga-jaga aja. Semoga kita tetap sehat ya

    BalasHapus
  2. Saya dan keluarga juga mengalami sakit bergantian di rumah. Memang penting banget menyediakan obat-obatan dan vitamin di rumah. Jadi jangan buru-buru ke rumah sakit, karena di rumah sakit resiko penularan lebih tinggi.

    BalasHapus
  3. Teringat obat-obatan tersebut sebagai persediaan di rumah ketika akan digunakan sudah ready

    BalasHapus
  4. Nah sama, Mbak Ira ... saya juga menyediakan obat2an tersebut di rumah, sebagai pertolongan pertama.

    BalasHapus
  5. Semoga kini sudah sehat semua ya, Mbak..juga nanti
    Sama aku juga sedia aneka obat juga herbal di rumah. Apalagi saat pandemi dobel stoknya. Biar kekebalan tubuh terjaga sehingga penyakit bakal pergi

    BalasHapus
  6. vitamin isoman sangat menguntungkan ya?
    Hanya Rp 100.000 dapat masker, vitamin C dan vitamin D
    sangat hemat untuk kondisi sekarang yang serba mahal

    BalasHapus
  7. Obat tetes mata memang perlu, karena debu lagi bertebaran. Tapi katanya gak bisa-bisa lama ya tahan obatnya semenjak udah dibuka produknya?

    BalasHapus
  8. Aamiiin.. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya, Mbak. Saya juga selalu sedia obat pereda nyeri, Mbak. Efektif banget apalagi pas PMS. Minyak oles pas pegel-pegeldan koyok juga XD

    BalasHapus
  9. Wah setuju banget mba, kudu banget nyetok obat-obatan. Obat wajib saya balsem, obat demam, lambung, diare, sama multivitamin sih . Penting hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku banget ini nyetok minyak kayu putih, obat demam dan multivitami soalnya emang masa pandemi ini harus jaga imunitas

      Hapus
  10. Sejak pandemi, saya juga jadi punya stok madu, obat dan multivitamin di rumah mbak. Sebelumnya sih abai. Tapi pandemi jadi membuat disiplin memperhatikan persediaan obat di kotak P3K

    BalasHapus
  11. Saya paling sering sedia penurun panas, inhaler, kayu putih, sama multi vitamin. Trus sedia madu dan sari jeruk juga sih. Mudah-mudahan sehat selalu buat kita semua.

    BalasHapus
  12. yes itu semua obat yang penting banget untuk di taruh di rumah. Apalagi obat demam dan pilek itu, balsem sama minyak kayu putih juga

    BalasHapus
  13. Di rumah saya selalu sedia obat maag, obat pusing (mefenamic acid), multivitamin sama betadine.
    Semoga kita semua selalu sehat wal afiat ya... Aamiin

    BalasHapus
  14. pas sakit nanti baru sadar tuh betapa pentingnya stok obat-obatan di rumah,

    BalasHapus
  15. Iyes kak, penting banget menyediakan beragam obat dan vitamin di rumah ya. Sebagai pencegahan dan prnyembuhan pertama sebelum ke dokter bila perlu.

    BalasHapus
  16. Waaahhh, jadi reminder lagi ini..
    Balsem, minyak gosok, koyo dan kawan-kawannya memang wajib ada sih ini kalau saya..hehehe
    Semoga kita selalu sehat ya Mba..

    BalasHapus
  17. setuju ini Kak, sekarang benar-benar kerasa itu menyiapkan obat-obat seperti ini di rumah karena kita tidak pernah tahu kapan kita ngedrop, kalau ada obat sedia di rumah kan gak perlu repot lagi keluar tuk mencarinya, vitamin juga wajib ada.
    semoga kita semua sehat-sehat ya :)

    BalasHapus
  18. Baca ini jadi sadar, di rumah kurang obat lambung, otewe stok ditambah sekaligus tambahin pasokan vitamin biar imun lebih terjaga

    BalasHapus
  19. Ah iya mbak, sedia obat obatan di rumah itu emang perlu ya
    Apalagi KLO ada anak anak

    BalasHapus
  20. Betul banget ini, mbak. Apalagi di masa pancaroba seperti sekarang ini. Meski udah jaga kesehatan, tetep harus sedia obat di rumah buat jaga2

    BalasHapus
  21. Dari ke-9 obat diatas, cuma ada 2 di rumah. Balsem dan obat tetes mata. Yang lainnya kalai lagi merasakan gejala baru di beli, karena takut kadaluarsa

    BalasHapus
  22. Sedia obat-obatan tuh ibarat sedia payung sebelum hujan. Lebih baik mencegah daripada mengobati

    BalasHapus
  23. Wah sesuai banget, saat ini saya juga menyediakan obat batuk dan inhaler

    BalasHapus
  24. Saya palingan sedia balsem, kayu putih, tolak angin, itu wajib ada. Terus obat luka itu juga selalu ready. Ya apabila suatu saat dibutuhkan nggak memakan waktu lebih lama untuk mencarinya.

    BalasHapus
  25. Emang penting punya persediaan obat-obatan di rumah sih, kadang tetangga juga suka minta kalau perlu.

    Semoga kita semua selalu sehat ya, Mbak.

    BalasHapus
  26. iyaaa aku pun sebagai anak rantau siap sedia semua jenis obat itu buat p3k aku, apalagi hidup merantau gini harus siap sedia klo klo sewaktu2 sakit kan, termasuk vitamin dan harus jaga asupan makan juga di musim pandemi gini

    BalasHapus
  27. Wajib banget ada tuh obat itu di rumah. Selain itu aku jg nyediain obat tolak angin plus balsem aja sih. Haha. Biasanya penyakit rutinan. Meski kadang dgn minum air hangat aja udh mendingan.

    BalasHapus
  28. mo tambahin obat flu spt anadex
    Imodium buat berentiin mencret
    obat alergi seperti anti histamin ( dextamin ) atau ctm

    BalasHapus
  29. Vitamin memang salah satu yang baiknya ada stok di rumah ya, mba, selain beberapa obat2an pentig. Terlebih sekarang masih pandemi juga, jadi konsumsi vitamin ya sangat penting...

    BalasHapus
  30. Wah iya deh mbak.. Setuju banget dengan persediaan obat²an dirumah.. Wajib dan penting banget

    BalasHapus
  31. Nah setuju mbak, multivitamin, kelola stres, langkah tepat. Beberapa obat memang penting sekali untuk selalu disediakan di rumah agar tidak panik jika tiba-tiba ada yang sakit.

    BalasHapus
  32. Bener nih tenang kalau ada ready stock obat-obatan seperti di list ini ya, aku paling sering stick obat demam, pusing, gatal. Apalagi ada anak kecil

    BalasHapus
  33. jadi ingat obat gatal-gatal kami di rumah habis stok-nya kebayang deh bingungnya kalau habis pas kena alergi soalnya aku pernah gatal hebat jam10 malam hiks...

    BalasHapus
  34. Hampir semua penting untuk dimiliki apalagi di rumah ada mertua yang sakit-sakitan. Obat sesak napas juga sedia. Makasih mba Ira udah diingatkan

    BalasHapus
  35. Nah, hampir semua obat ini ada sih di rumah, dari zaman masih tinggal sama orang tua sampe udah berkeluarga sekarang, nggak pernah lupa deh nyetok obat. Salam sehat selalu mbak Ira.

    BalasHapus
  36. bener banget nih mba ira, obat-obatan di atas penting banget untuk kita stok di rumah untuk keadaan darurat

    BalasHapus
  37. wah saya di rumah ga selengkap itu obat-obatannya kak, wajib disiapkan buat antisipasi niy mba

    BalasHapus
  38. wah lengkap banget ya, memang kudu sedia obat yang lengkap ya di rumah apalagi masih masa pandemi begini :)

    BalasHapus
  39. Bener banget nih mba obat obatan diatas emang wajib ada dirumah apalagi obat demam yang punya balita wajib banget punya

    BalasHapus
  40. Lha iya, saya suka lupa nyetok inhaler sama obat gatal-gatal, padahal butuh banget pas tiba-tiba kena alergi debu atau dingin gitu obat gatal-gatalnya. Berasa diingetin sama mba Ira deh ini.

    BalasHapus
  41. Noted nih. Sering kehabisan stok obat di rumah sementata apotek juga jauh jadi rumah jadi reminder banget buat sediain obat2 di atas di rumah biar gak repot juga nantinya.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini 😊😊

Mohon untuk berkomentar menggunakan kata-kata sopan dan tidak meninggalkan link hidup yah, karena link hidup yang disematkan pada komentar akan saya hapus 😉